Cara membujuk karyawan agar mematuhi keselamatan

           Asalamualaikum pejuang keselamatan apa kabar semoga selalu sehat dan di lindungi oleh allah SWT, hari ini mungkin saya akan sharing aja mengenai permsalahan yang biasa terjadi di lapangan yaitu karyawan yang terkadang mengabaikan APD serta keselamatan, pasti rekan rekan HSE pernah menghapi hal seperti ini bukan?? ketika berada di lapangan, karena setiap pekerja biasanya ada yang bisa di beritahu ada yang terkadang sebaliknya, tapi berikut saya beri tips tips untuk menghadapi pekerja agar patuh menggunakan APD.

Safety induksi
Jelas setiap pekerja baru wajib melakukan safety induksi kepada pekerja baru yang bertujuan mengenalkan area lokasi kerja dan pungsi APD dengan cara presentasi, pengenalan dengan media seperti ini biasanya lebih menarik sehingga karyawan tertarik mendengar tentang keselamatan.


Pengenalan dan pendekatan
Lakukan pengenalan diri terhadap pekerja ini berfungsi agar pekerja tau tugas dan tanggung jawab kita sebagai HSE, pendekatan ini juga  sangat di perlukan bagi kita sebagai HSE buat lah pekerja tersebut sebagai  tim bukan bawahan, jadi ketika ada kondisi tidak aman kita melarang pekerja mereka sudah memahaminya.



Pengenalan bahaya di lapangan
Terkdang mungkin ada pekerja yang kurang memahami potensi bahaya pekerjaan yang di lakukan, kita sebagai HSE wajib mestop pekerjaan yang  bisa berpotensi bahaya, Namun di stop pekerja mesti bertanya tanya kenapa sih kami kerja di stop?? nah kita disini juga sebagai K3 wajib menjelaskan bahaya yang terjadi jika pekerjaan tersebut di teruskan tanpa adanya eliminasi, sehingga jika di jelaskan pekerja tersebut mengetahui dan memakluminya.



Pengenalan APD dilapangan
Kalau safety induksi hanya memperkenalkan secara presentasi, namun ketika dilapangan kita perkenalkan secara langsung, misalnya ada pekerja yang tidak menggunakan sarung tangan kita harus menjelaskan apa potensi bahaya yang bisa terjadi saat mereka bekerja, bukan hanya menstop tanpa penjelasan, jadi setiap ada pekerja yang tidak menggunakan APD saat bekerja lakukan penjelasan langsung kepada pekerja tersebut apa potensi bahaya yang bisa terjadi agar mereka jelas dan memahami.




Orang terdekat
Jika penjelasan di atas masi juga kurang menyadarkan pekerja betapa pentingya kerja selamat, beritahu pekerja tersebut bahwa kita bekerja bukan hanya untuk diri sendiri, namun ada keluarga kita menanti kita dirumah, keluarga atau orang terdekat kita selalu berdoa agar kita selamat.


Mungkin itu saja dari saya mungkin ada tambahan dan masukan bisa di tulis di kolom komentar

Komentar

Postingan Populer