Tips tips mengemudi di saat hujan (belajar safety)

Mengemudi di saat hujan sangat membutuhkan kosentrasi extra.selain gangguan pada jarak pandang yang terbatas,genangan air pun membuat si pengendara susah mengendalikan kendaraanya.kelalaian dalam mengemudi dapat menyebabkan  fatal, hal tersebut dapat dihindari bila kita memahami teknik mengemudi yang baik serata mobil dalam kondisi prima berikut tips tipsnya :


Cek tekanan angin
Periksa tekanan udara pada ban secara rutin minimal seminggu sekali dan pastikan alur serta ketebalan ban masih cukup tebal.tekanan ban yang tepat dan alur yang baik akan mengindari  kendaraan melayang di atas air dan tergelincir (Slip) pada saat melintasi jalanan yang basah.



Priksa rem
Sebelum berpegian pastikan selalu sistem pengereman anda berfungsi dengan baik. Dan pastikan kondisi minyak rem dalam keadaan baik.


Priksa wiper
Pastikan wiper ready digunakan, jika wifer tidak berfungsi dengan baik saat hujan deras pandangan anda akan terganggu dan itu sangat membahayakan.


Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi
Pastikan saat hujan jangan emacu kendaraan dengan kecepatan tinggi,karena saat hujan turun air akan bercamour dengan kotoran dan minyak yang akan membuat jalan menjadi licin dan membuat mobil anda mudah tergelincir ingat pribahasa jawa "alon - alon asal kelakon"

Hidupkan lampu
Jika hujan semakin deras nyalakan lampu utama atau lampu kecil untuk meningkatkan kewaspadaan pada pengendara lain ingat .....!!!! jangan menghidupkan lampu hazard...!!! lampu hazard akan menggangu kosentrasi pengendara lain.gunakan lampu hazard hanya dalam keadaan darurat.


Jaga Jarak Aman
Selalu jaga jarak aman kendaraan anda dengan kendaraan di depan anda. dan hindari pengereman secara tiba - tiba.

Selalu waspada 
Jangan sembarangan menerobos genangan air karena anda tidak tahu kedalamanya. sehingga dapat mengakibatkan kendaraan anda mogok atau terprosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan air tersebut


Tetap patuhi rambu rambu yang ada...!!!!!

Ingat keluarga anda menunggu di rumah....!!!!






Komentar

Postingan Populer